Senin, 04 Maret 2013

Membangun Kembali Datsun 240Z dengan Modifikasi

Mantorp, KompasOtomotif - Selain retro, banyak anak mudah suka merawat, merestorasi dan memodifikasi mobil lama. Contohnya, Erik Jonasson yang kepincut membangun kembali Datsun 240 Z, juga dikenal sebagai Nissan S30 dan Fairlady (di Jepang). Pria berkebangsaan Swedia ini memilih modifikasi ketimbang restorasi. 

Identitas
Meski harus dirombak, identitas khas hasil rancangan Yoshihiko Matsuo (desainer Fairlady)  ini tetap dipertahankan. Bahkan aksesoris yang dipasang hanya spoiler belakang. Beberapa komponen dipensiunkan untuk memberi kesan sangar, yaitu bemper belakang dan indikator lis samping.

Perubahan hanya dilakukan pada fender depan-belakang yang dibuat gembung. Tujuannya agar dapat menggunakan pelek SSR Formula Star 14 inci dengan lebar ET+15. Karet bundar yang dipilih adaslahToyo Proxes CF1s, 185/65 depan dan 195/65 belakang.

Interior juga direhabilitasi karena kelihatan usang, yaitu jok balap, setir, pedal, tuas persnelling dan sabuk pengaman 4-titik. Perlengkapan hiburan juga diganti dengan yang lebih moderen, yaitu Pioneer dengan amplifier Denon dan speaker JBL.

Peremajaan
Sumber tenaga, Erik terpaksa mengistirahatkan yang asli karena dinilai sudah tua dan diganti dengan mesin 280Z. Mesin 6-silinder segaris ini, jeroannya juga diremajakan, yaitu piston dan nokken as (camshaft) Sneiger stage 2. Dsitribusi bahan bakar masih mengunakan teknologi jadul, yaitu karburator, Weber DCOE 45, 6-barel.

Untuk menjaga suhu oli ideal, dipasang  pendingin oli (oil cooler) yang ditempel di bemper depan bagian luar mengikuti gaya Shakotan. Tenaga mesin 260 PS, dipindahkan ke roda melalui transmisi manual 5 percepatan milik 260Z.  



View the original article here



Peliculas Online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar