Senin, 04 Maret 2013

Jungkir-Balik Hidupkan Datsun Lawas

California, KompasOtomotif - Datsun sudah dikabarkan santer akan hadir kembali di kawasan Asia termasuk Indonesia (dengan debut di India). Namanya pernah populer sekian dekade lalu di mata dunia, khususnya di Tanah Air, karena pernah diperdagangkan sebagai mobil kelas menengah. Tidak sedikit pula yang coba-coba bernostalgia dengan menghidupkan versi lawasnya. Salah satunya Mallen Fajardo, seorang pemilik Datsun 510 "kotak" produksi 1971 asal San Bruno, California, AS.

Menghidupkan Datsun ini lumayan bikin jungkir balik. Selain karena hobi yang terbentur kondisi keuangan, modifikasinya memang asli dijungkir-balikkan, salah satunya untuk pemasangan sektor lampu depan dan muffler.

Coba lihat lampu depannya. Sadar tidak sadar, sebenarnya itu terbalik. Bendanya sendiri dicomot dari Toyota Tacoma yang alhasil mengesankan aura retro karena mirip "bingkai kucing" kacamata jadul. Lalu, muffler di sektor saluran buang sebenarnya diambil dari NISMO untuk Nissan March. Kalau tidak dibalik, pastinya muffler bakal mentok ke jalan dan bukannya menderu karena mesin galak, melainkan malah berisik akibat terseret-seret.

Balok kayu
Mallen juga jungkir balik ketika membenahi si kuning ini. Memang sih, dia senang bukan main karena mobilnya sudah dipasangi mesin KA24DE dari Nissan 240SX (1995) saat dibeli di pelelangan. Lucunya, ia tetap membeli walau wujud dan fungsinya nyaris keok dan cairan-cairannya sudah merembes tidak keruan.

"Bensinnya kayaknya juga merembes, baunya terasa waktu kali pertama mesin distarter. Air radiator juga merembes, oli juga. Pokoknya semua urusan cairan bocor," ungkapnya seraya teringat pernah melongo karena selepas bayar uang ke pembelinya, dia dikasih balok kayu yang terikat tali. Untuk apa? "Kata dia, ini buat ganti rem tangan (ganjal ban)."

Mallen turun sendiri memperbaiki yang bocor-bocor, lalu memasangkan paket rem dan suspensi dari Datsun 280ZX, pendingin oli eksternal dari Mazda RX-7 (1986), ARC Super Intake, hingga mengubah air dam di area bawah bumper depan yang akan membuat mata terpancing mendapati bahwa di atasnya terdapat radiator besar dari Volkswagen Rabbit.

Masuk ke kabin, Mallen memasangi tombol starter supaya terkesan "monster". Dia pun akan duduk di kursi Recaro LXI yang bracket-nya diperkuat Wedge Engineering, sementara setir dari Nardi Woodgrain dengan steering hub dari MOMO.

Si kuning pun makin genit setelah dipasangi roda Honda Fit (Jazz) yang dilepas dari mobil harian Mallen saat ke kantor. Velgnya merek Volk Racing TE37V (depan 15 x 8,5 +5 - belakang 15 x 8,5 inci -5) dengan balutan ban ukuran sama 195/45R15 dari Toyo Proxes.

Kurang genit? Biar makin kuat rasa Jepang-nya, tuas transmisi pun diganti dengan bonggol pedang samurai. (Dimas Wahyu)



View the original article here



Peliculas Online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar