Kamis, 19 Juli 2012

Nih, Lexus IS F CCS-R buat Menaklukkan Pike's Peak

Tokyo, KompasOtomotif - Lexus sudah menyiapkan senjata andalan IS F CCS-R (Circuit Club Sport-Racing) untuk mengikuti event bergengsi  "Pike's Peak International Hill Climb" di Colorado Springs, Colorado, 8 Juli. Meski tampilan bodinya tidak ekstrem seperti Suzuki EV yang bakal dikendarai "Monster" Tajima, tapi bobotnya cukup ringan dan tetap mengandalkan tenaga standar yang sudah di up-grade. Hanya, pihak Lexus merahasiakan pemodifikasinya.

Untuk beradu cepat mendaki pengunungan, Lexus tetap mengandalkan mesin standar 2UR-GSE V8  berkapasitas 5.000 cc. Tenaga maksimum yang 416 PS dirasa cukup memadai, apalagi dengan sedikit sentuhan seperti pada sistem saluran buang. Kemudian, beberapa komponen disertakan sebagai pengaman seperti pendingin oli mesin, transmisi dan diferensial. Bahkan pihaknya masih mempertahankan transmisi otomatis 8 percepatan, Sport Direct Shift, paddle shift lengkap dengan mode manual.

Untuk mendapatkan akselerasi dan pengendalian yang baik, beberapa bagian pada bodi diganti dengan bahan serat karbon, seperti kap, fender depan belakang, spoiler belakang, dan pembelah angin belakang. Di bemper depan terdapat sirip (canard) untuk menghasilkan daya tekan optimal. Sehingga bobot mobil pun menyusut jadi 1.396 kg, lebih ringan 330 kg dari standar. Untuk mengatasi turbulensi, pada bagian bawah dikasih dek dari serat karbon. Keempat pintunya memakai bahan ringan dan kacanya mengadopsi bahan polycarbonate.

Material ringan juga menempel di ruang kabin seperti dasbor, konsol tengah dan trim yang mengadopsi serat karbon. Jok balap yang tersedia juga berbahan serupa pada bagian punggungnya. Untuk perangkat keselamatan, kabin dilengkapi dengan roll cage dan pebalapnya diikat dengan sabuk keselamatan 6 titik.

Guna mendapatkan stabilitas optimal, suspensi ikut dimodifikasi memakai komponen balap. Lengan ayun depan sudah menggunakan sistem yang bisa diatur chamber-nya. Agar body lebih kaku, semua bushing ditukar dengan bahan polyurethane. Sedangkan untuk mengurangi laju, sistem rem diganti barang kompetisi buatan Brembo.

Pelek yang dipakai berdiameter 18 inci dengan ukuran lebar beda, 18x8.5J off-set 30 (depan) dan 18x9.5J offset 40 (belakang). Pelek 'belang' tersebut dibalut dengan karet bundar  Yokohama /Advan Neova tipe A050. Lebar tapak dan tebalnya pun beda 245/40 depan dan 255/40 belakang. Settingan tersebut dipercaya bisa menghasilkan daya cengkram yang baik saat manuver atau melaju pada kecepatan tinggi.



View the original article here



Peliculas Online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar